Mandi Pagi di Air Terjun Manggisan

Menuju Air Terjun Manggisan tidaklah serumit yang saya bayangkan, minimnya informasi yang didapat tidak menyurutkan keinginan saya mencari air terjun yang terletak kurang lebih 35 kilometer arah barat kota Jember tersebut. Berbekal dari hasil GPS (Garwanipun penduduk sekitar) sangat membantu sekali, jadi janganlah malu bertanya, daripada nyasar kemana-mana.

Menuju air terjun manggisan, kita bisa melalui kecamatan tanggul, kemudian belok kiri arah patemon. Menuju desa Manggisan, kurang lebih satu jam perjalanan yang akan dilalui. Medan yang ditempuh bisa menggunakan motor maupun mobil, jika mengendarai mobil disarankan ber-ground clearance ataupun double gardan. Dikarenakan setengah perjalanan yang kita lalui akan melewati jalan makadam dan jalan yang sangat sempit, hanya dapat dilalui satu mobil saja jika melewatinya, kerena jalanan ini masih bagian dari Perkebunan Sungai Tengah.

Jalanan yang hanya bisa dilalui satu mobil saja.

Jalanan yang hanya bisa dilalui satu mobil saja.

Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan, barisan bukit yang menghijau serta hamparan sawah yang saat itu sedang dibajak oleh seorang lelaki tua menjadi pemandangan yang langka bagi saya dan teman-teman, yang sehari-harinya hanya terbiasa duduk dimeja kerja berlatarkan kemacetan jalanan yang semakin rumit.

Setelah sampai pemberhentian terakhir, saya berjalan kaki selama hampir 20 menit perjalanan. Jalanan yang kami lewati sangat unik, kerena disalah satu jalan yang kami lalui harus melewati dapur rumah warga. Memasuki hutan, kemudian melewati jalanan setapak yang masih berlatarkan perkebunan yang sangat asri, hingga akhirnya di akhir perjalanan kita bisa menemukan aliran deras sungai yang memotong jalanan setapak tadi. Disarankan membawa celana dan baju ganti, karena sungai yang akan kita sebrangi tingginya hampir sepinggang orang dewasa, apalagi jika sudah memasuki musim hujan. Maka tinggi air sungai bisa semakin tinggi dan arusnya juga semakin deras. Selain itu jalanan menuju air terjun juga sangat licin, saya diharuskan berjalan sedikit demi sedikit dan menempel erat di dinding dengan cara menggeser pelan-pelan tubuh saya layaknya Spiderman, karena jika tergelincir sedikit saja, sudah ada jeram besar menanti dengan arus deras sungai dibawahnya.

Numpang lewat dapur rumah warga. Permisiiii..

Numpang lewat dapur rumah warga. Permisiiii..

Naik turun bukit.

Naik turun bukit.

Menyebrangi sungai dengan alirannya yang cukup deras

Menyebrangi sungai dengan alirannya yang cukup deras

Merapat tebing, berubah jadi Spiderman

Merapat tebing, berubah jadi Spiderman

Selain dimanjakan dengan pamandangan air terjun yang mengalir dengan deras, harmoni gemericik air yang bertemu dengan bebatuan, suasana hijau di sekitar bukit ditambah dengan kesejukan udara di daerah ini, dapat memberikan sensasi yang sangat berbeda bagi kalian yang menyukai tantangan di alam terbuka seperti ini.

Air terjun Manggisan terlihat dari kejauhan.

Air terjun Manggisan terlihat dari kejauhan.

Jalanan melewati sungai, menuju Air Terjun Mangisan.

Jalanan melewati sungai, menuju Air Terjun Mangisan.

Air terjun Manggisan dengan airnya yang jernih ini membuat saya segera ingin menceburkan diri dan merasakan sensasiΒ  dingin menyegarkan. Ingin menghabiskan weekend yang sedikit jauh dari hiruk pikuk kota? Kenapa tidak, untuk mencoba tantangan di Air Terjun Manggisan? Happy traveling, guys πŸ™‚

Happy Traveling

Happy Traveling

Air Terjun Manggisan.

Air Terjun Manggisan.

Advertisements

11 thoughts on “Mandi Pagi di Air Terjun Manggisan

  1. Ganas beringas itu nekat pakai mobil ke air terjun. Melihat jalan yang sempit gitu diriku udah males aja klo nanti mobilnya kserempet atau pas simpangan sama kendaraan lain, hahaha. πŸ˜€

    Dirimu juga pemburu air terjun kah Mbak? Kayaknya blogmu ini perlu aku obrak-abrik lebih lanjut. Tapi kok ya Jember ya? Dari Surabaya aja jauh, apalagi dari Jogja…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s